SEARCH

TRIK MEMILIH WARNA CAT

Ada 3 hal pokok yang mesti diperhatikan oleh sahabat 'sketsa' ketika hendak mengecat ulang salah satu kamar atau ruang dalam rumahnya.

1. Pemilihan warna cat
2. Pemilihan merk cat
3. Waktu & teknik Pengecatan.

Baiklah, sekarang mari kita ulas satu persatu secara sederhana.

PERTAMA
Pemilihan warna cat tentulah sangat subyektif alias tergantung selera anda sendiri. Meskipun selera setiap orang berbeda satu sama lain, tetapi tidak ada salahnya lewat tulisan ini saya mengajak sahabat 'sketsa' mengeksplorasi bakatnya tentang trik "mengelola" selera pemilihan warna. Silakan amati spektrum warna yang saya sajikan di bawah ini. Bagi anda yang sehari-harinya bergulat dengan gambar-gambar autoCAD, maka spektrum ini tentu tak asing lagi bagi anda.

Tetapi bagi anda yang tidak mengenalnya, maka anggap saja kotak-kotak warna ini adalah contoh warna di toko cat tempat langganan cat anda.





Untuk memudahkan pemahaman trik ini, maka pastikan terlebih dahulu bahwa penguasaan warna anda 'normal' alias bebas dari buta warna. Jika tidak, maka mintalah kerabat atau sahabat anda untuk mendampingi.

Amatilah kotak spektrum warna di atas, pilihlah dua warna di kolom yang berdekatan. Misalnya Hijau dengan kuning.



Trik ini membuktikan bahwa warna dalam spektrum yang berdekatan, secara sederhana adalah warna yang sepadan. Mari kita kita coba lagi dengan memilih warna yang lain...sandingkan warna kuning dengan warna sedikit orange persis di kotak sebelahnya.




Bandingkan pilihan anda ketika menggandengkan warna merah dengan warna gelap di jejeran atasnya atau bahkan warna gelap itu dijadikan warna hitam. Maka kombinasi hitam merah itu akan membuktikan bahwa perpaduan warna yang berada pada spektrum sejajar, sangat membuka peluang kontrasi warna menarik jika tujuan pilihan warna itu adalah "aksen". Misalnya, ketika jok kursi anda adalah merah, maka pilihlah warna hitam sebagai warna sandarannya. Hal serupa bisa diterapkan koq untuk warna dinding, lantai ataupun plafon.




Lakukanlah trik itu dengan menggunakan sample colour yang diterbitkan pabrikan cat. Biasanya setiap merk cat memiliki kode warna sendiri.





No comments:

Post a Comment