SEARCH

KONSULTASI


Pertanyaan :
Bapak Mappisara yang baik. Saya seorang wiraswasta berdomisili di seputaran Grogol (alamat nanti aja). Lingkungan kami bermaksud mendirikan sebuah Musollah tetapi kami kesulitan merancang sendiri dan mencari jasa Arsitek pastilah membutuhkan ongkos yang sedikit ekstra. Mohon masukan dari bapak. terima kasih.
Dari AN,..Grogol



Tanggapan :


Bapak AN yang terhormat. Data yang bapak informasikan kepada saya sebenarnya kurang lengkap untuk lebih mengeksplorasi apa yang bapak inginkan. Tetapi baiklah, saya mencoba menduga-duga menurut versi saya.

Musollah pada umumnya adalah pusat kegiatan ibadah, acara peringatan keagamaan, sarana pendidikan formal maupun non formal dan begitu seterusnya. Sebelumnya perlu kita saling mengingatkan bahwa membangun pastilah sesuatu yang sulit tetapi memakmurkannya pasti jauh lebih sulit.

Yang perlu bapak pertimbangkan adalah, aksessibilitas publik, sirkulasi, sarana utilitas, aksessibilitas lingkungan. Saya memiliki beberapa sketsa sederhana, barangkali dapat menginspirasi bapak melanjutkan rancangan bapak itu.



Seringkali sktesa awal sangat membantu warga-warga lain di sekitar bapak untuk lebih mengembangkan lagi ide bapak itu sehingga rancangan akan menjadi lebih baik.


Kalau ada waktu saya akan coba membuat sketsa yang lebih spesifik. Walaupun begitu, silakan bapak melihat-lihat sketsa di blog ini yang mungkin posting-postingan saya yang lama. Mungkin akan bermanfaat, saya harap !!!

Meskipun demikian sekiranya bapak memperhatikan hal-hal sebagai berikut :
1. Akan tampil beda Musollah di tempat bapak sekiranya di desain minim (mungkin minimalis), terbuka. Disamping sirkulasi udara akan maksimal, pencahayaan juga akan "hemat energi", biaya pembangunan akan berkurang, mudah pengembangannya di kemudian hari dan yang paling utama adalah fungsi-fungsi kemasyarakatan lainnya semisal fungsi ganda untuk pertemuan warga dan lain-lain.



2. Lakukan zonifikasi area, semisal penggunaan pohon, perubahan tekstur material (semisal paving stone dll) sehingga area "SUCI" dan "PUBLIC" yang mungkin ber"najis" dapat dipisahkan.



3. Perhatikan fasilitas pendukung seperti listrik, sumber air, keamanan, telepon (jika dibutuhkan) dan lain-lain. Silakan bapak sesuaikan dengan kebutuhan.

Demikian saran saya, semoga bermanfaat.

No comments:

Post a Comment