SEARCH

MENARA DI BALIK PUING-PUING

Anak-anakku sekalian, di sinilah..yahh..kira-kira sekitar sini waktu itu 5 abad yang lalu berdiri sebuah Masjid di sini. Kalau untuk ukuran saat itu, masjid itu tergolong besar dan kalau berkembang mungkin saat itu bisa lebih besar lagi. Persis di sebelahnya terdapat lembaga pendidikan Madrasah yang terbilang cukup berkembang dan kompetitif di levelnya.Masyarakat sekitarnya tergolong hidup dengan suasana damai dan cukup islami. Dari beberapa penelitian arkeolog menemukan bahwa terdapat hampir puluhan Musollah kecil di sekitar masjid itu yang kalau diperkirakan dalam radius 5 km.Penghidupan masyarakat di sana sangat heterogen, mulai dari petani, pedagang, pegawai, bahkan preman pun ada. Kalau anak-anakku pernah mendengar peristiwa "MARSINAH", maka di sinilah tempat itu.Tetapi kehidupan yang damai itu akhirnya luluh lantak akibat musibah "LUMPUR LAPINDO" yang kemudian memaksa mereka meninggalkan kampung halaman mereka.........Mungkin cerita di atas akan menjadi bahan cerita atau contoh kisah 5 abad yang akan datang sekiranya mereka menyimpan photo-photo ini.
Andaikan sudah teknologi yang mampu memindahkan masjid itu ke tempat lain, maka sungguh karya arsitektur masyarakat itu tak boleh dihancurkan begitu saja. Termasuk seluruh pemukiman mereka yang dengan kesederhanaannya telah membangun sebuah peradaban mini yang anggun, tertata dan tak bisa ditiru.

Atau andaikan ada seorang yang mendapatkan mu'jizat seperti Nabi Sulaiman yang mampu memindahkan istana Ratu Balkis, maka saya akan minta tolong kepada orang itu untuk mengangkat Masjid-masjid itu ke tempat lain yang lebih baik bersama seluruh pemukimannya.

Ingin sekali sebenarnya saya mengabadikan masjid dan musollah-musollah itu dengan capture-capture menarik untuk anda, nanti saya coba lagi.

No comments:

Post a Comment

Masukkan alamat email anda untuk menjadi anggota forum ini