SEARCH

Loading...

RUMAH MINIMALIS


Entah dari siapa istilah "RUMAH MINIMALIS" dirilis pertama kali. Rumah minimalis bisa berarti minimalis anggarannya, minim luas tanahnya, minim fasilitasnya, minim asap yang ngepul dari dapurnya (alias dapur tak pernah mengepul) dan berbagai macam istilah minim lainnya.Lebih sederhananya, minimalis sebenarnya adalah minim dekorasi meskipun acapkali rumah ber'konsep minimalis' malahan lebih kaya alias penuh dengan pernak pernik yang secara mendasar tak dibutuhkan.Okelah,...kita jangan berpanjang lebar mempersoalkan istilah itu. Karena kita mungkin justru akan terjerumus dalam perbedaan pendapat "MINIMALIS" cocok di negara tropis seperti di Indonesia. Ringkasnya saya hanya ingin berbagi TIPS mensiasati desain rumah yang serba minim itu tadi, tetapi mampu mencukupi kebutuhan standard rumah bagaimana layaknya.





PERTAMA

Patuhi regulasi yang dikeluarkan pemangku kebijakan, semisal IMB (Ijin mendirikan Bangunan), ikuti aturan GARIS SEMPADAN yang ditetapkan dan sebisa mungkin memberi contoh yang baik bagi sekeliling.



                                                                                   

KEDUA
Meskipun lahan anda sempit, tetapi tetaplah bagi area rumah anda seperti area PUBLIK, SEMI PUBLIK, PRIVATE ataupun SERVICE. Kalau ternyata sulit, cukup dengan membuat perbedaan tinggi lantai, perbedaan warna keramik, ataupun penempatan pernak-pernik sesuai orientasi ruang yang anda inginkan.







KETIGA

Jangan biarkan terdapat satu ruang pun dalam rumah anda yang tak terhubung dengan dunia luar, sekecil apapun bentuknya. Misalnya jendela ventilasi, pintu atau sejenisnya. Harapannya, ketika komponen itu dibuka maka sirkulasi udara ataupun cahaya akan terjadi dengan sempurna.

KEEMPAT
Jangan takut atau ragu membuat sesuatu dalam rumah anda sesuai hobby dan kesenangan anda. Misalnya kalau anda pencinta burung, maka siapkan saja area memelihara burung. Dan begitu seterusnya, anda lebih tau hobby anda.

KELIMA

Mengocek saku terlalu dalam, pasti selalu anda hindari karena konsep minimalis yang anda pahami. Makanya hindarilah membangun untuk selanjutnya dalam waktu singkat anda bongkar lagi. Melainkan lakukan pembangunan dengan rencana bertahap atau dulunya orang sering menyebutnya rumah tumbuh.





KEENAM
Ketika dana anda bertambah, sumber dana anda pun mulai membaik dan keluarga anda sudah tergolong keluarga mampu, maka jangan ragu untuk melakukan investasi dengan cara membeli rumah di tempat lain yang lebih strategis dan tentunya lebih luas alias sudah tidak MINIM lagi. Dan yang paling penting lagi JANGAN LUPA TUNAIKAN ZAKAT !!!

1 comment:

  1. Bagus mas artikelnya. Informatif , sangat berguna bagi yang masih awam tentang membangun rumah . Rumah minimalis mnrt saya krena desain rumah minimalis baik dari sisi biaya dan area.

    ReplyDelete

Masukkan alamat email anda untuk menjadi anggota forum ini