SEARCH

HARGA BAWANG MAHAL, APA ARSITEK IKUT ANDIL?

http://forumarsitek.blogspot.com. HARGA BAWANG MERAH DAN BAWANG PUTIH MAHAL,....upsss pasti ini gara-gara arsitek. Bagi sobat yang arsitek atau calon arsitek, harap jangan kebakaran jenggot dulu. Ada beberapa faktor yang menyebabkan bawang merah dan bawang putih sulit didapatkan akibat ulah para arsitek :

PERTAMA
Desain lay out pasar kurang mempertimbangkan area HIJAU, KUNING, JINGGA, BASAH atau CAMPURAN. Akibatnya, area penjualan bawang merah & bawang putih bersebelahan dengan penjual daging. Maka merugilah para penjual bawang karena bawang jualannya lebih cepat rusak.

KEDUA
Fasilitas transportasi lokal dalam pasar tak disediakan oleh sang arsitek. Akibatnya, hall dirancang sempit atau bahkan sangat sempit. Akhirnya penyediaan stok tak terkendali, pasar jadi sumpek dan tidak nyaman. 

KETIGA
Terjadi kolaborasi serius antara arsitek, pedagang pasar, Depperindag, Bea Cukai dan Importir.....Upss, arsitek dengan dua kesalahannya di atas, pedagang pasar menimbun, Depperindag tak memberi dukungan regulasi pasar hingga mekanisme pasar meninggikan harga hingga tak terkendali, Bea Cukai tak meloloskan bawang impor & Importir memanfaatkan situasi kacau ini menjadi semakin buruk.

1 comment:

  1. Klo bawang harganya mahal, jangan bawa2 gua dong!!!!

    ReplyDelete

Masukkan alamat email anda untuk menjadi anggota forum ini