SEARCH

TIPS MEMILIH GAZEBO


Entah dari bahasa apa kata "GAZEBO" itu berasal. Yang jelas umumnya Gazebo itu kita kenal sebagai "rumah saung", "balai-balai","sarigang". 


Sederhananya, gazebo adalah bangunan semi permanen atau permanen yang ditempatkan di taman, di atas kolam atau peruntukan lainnya. Dimana fungsinya adalah sebagai tempat bersantai, istirahat bersama keluarga dan berbagai fungsi lainnya.



Nah, sesungguhnya bukan definisi yang hendak saya paparkan kali ini melainkan tips memilih  gazebo seandainya anda bermaksud mengisi taman belakang atau depan rumah anda dan saat ini sedang berada di tempat penjualan atau pemesanan gazebo. Pada umumnya Gazebo terbuat dari konstruksi kayu dan sebagian kecil dimodifikasi dari kontruksi baja atau beton tergantung peruntukannya.

Beberapa hal yang penting buat anda perhatikan dalam memilih bentuk dan bahan gazebo di antaranya adalah :


SATU
Sesuaikan ukuran gazebo dengan ukuran taman. Misalnya taman anda tidak begitu luas semisal ukuran 4 x 6 m, maka sedapat mungkin pilihlah gazebo berukuran kecil 1,5 x 1,5 m'. Begitu pun sebaliknya, andaikan landscape anda tergolong luas maka tak ada salahnya membuat gazebo yang mampu memuat keluarga besar anda.


DUA
Pilihlah gazebo yang menggunakan material yang sesuai dengan taman anda. Misalnya, jika taman anda terlalu terbuka maka pilihlah gazebo dengan tambahan railling atau ornamen.


TIGA
Perhatikanlah kekuatan dan ketahanan konstruksi gazebo. Misalnya, jika gazebo itu rencananya akan di tempatkan di atas kolam ikan maka jangan biarkan kolom kayu tertanam langsung ke dalam air. Melainkan buatkanlah pondasi dari batu kali atau beton supaya kayu tiangnya tidak cepat lapuk.


EMPAT
Tempatkanlah gazebo di area yang tak menghalangi sirkulasi udara ke bangunan penting di sebelahnya.




Semuanya ada di tangan anda. Tips ini hanyalah bahan pertimbangan dan bukan rujukan yang harus anda ikuti. Meskipun begitu, tak ada salahnya mempertimbangkannya.

Semoga bermanfaat.