SEARCH

TRIK MEMILIH CAT TEMBOK PART 4


2. Kelas Menengah
Cukup banyak brand yang mencoba bermain di kelas ini, bahkan pabrikan terkenal seperti ICI Dulux dan Nippon Paint juga melepaskan produknya untuk memenuhi kebutuhan konsumen di kelas menengah. Ada pula beberapa merk atau brand yang mencoba meraih hati konsumen dengan meningkatkan penyebaran marketnya, meningkatkan brand image dengan harapan dapat menempatkan hasil produknya pada jajaran kelas menengah, tapi lagi-lagi dari pengalaman penulis, hasil akhir dan kualitas yang didapat masih dibawah kelas menengah produk milik Nippon dan ICI Dulux.

Contoh Brand cat Interior untuk kelas menengah antara lain:
Nippon Super Vinilex dan Vinilex (5000)
Untuk kelas menengah, Saya pribadi lebih memilih produk milik Nippon ini, dari beberapa kali mengerjakan project menggunakan produk nippon, tidak mengecewakan. Bahkan beberapa waktu lalu, saya pribadi mencoba menggunakan Vinilex untuk Interior rumah saya. Daya tutup yang tangguh, dan daya sebar yang tinggi serta hasil yang cukup halus saat diraba menjadikan Vinilex patut diperhitungkan. Terlebih saat ini sepertinya Nippon juga sedang mendongkrak pemasaran produknya khususnya Vinilex yang memiliki desain kemasan baru membuat cat ini lebih dikenal masyarakat atau konsumen, meskipun masyarakat mungkin lebih banyak mengenal Catylac yang terlebih dulu sejak lama gencar mengenalkan pada masyarakat. Super Vinilex selama ini, saya belum menemukan fitur yang bisa menggunakan warna oplosan atau tinting system. beberapa kali memakai super vinilex, daya tutupnya lebih baik daripada vinilex, daya sebar yang sama, tetapi hasil akhir yang sepertinya cenderung lebih kasar ketimbang vinilex.

Catylac
Siapa yang tidak mengenal brand Catylac? hampir kebanyakan orang sudah pasti mengenal brand ini. Produk dari ICI Dulux ini memang bagus untuk kelas menengah, terlebih ditopang dengan nama besar ICI Dulux. Terlebih Catylac sudah berganti design kemasan dan formula baru, sepertinya tidak mau kalah dengan brand-brand baru yang tengah membidik kelas ini. Cat Catylac memiliki daya tutup dan sebar yang baik, hasil akhir dof atau matt, dan setelah mengering, hasil cat cukup halus, meski tidak sehalus vinilex (CMIIW). Dari segi harga terpaut lebih murah sedikit ketimbang Vinilex ataupun SuperVinilex.

Avitex
Produk dari Avian paint ini sepertinya banyak tersebar di surabaya dan sekitarnya, dan Cat ini juga mendobrak di kelas menengah, saya pribadi tidak dapat berbicara banyak mengenai Cat Avitex, karena belum pernah memakainya, sehingga tidak banyak yang dapat saya simpulkan dari Cat Avitex.

Paragon
Sebenarnya bingung juga mengelompokkan Cat Paragon ini. DIlihat dari segi harga masih dibawah Avitex (CMIIW) namun siapa yang tidak mengenal warna Putihnya paling putih dari Cat Paragon ini. Memang kebanyakan orang banyak yang memberikan jempol 2 untuk produk ini karena putihnya menjadi warna paling putih. Cat Paragon, saya pribadi sering memakainya pada plafon atau langit-langit juga dinding dari client yang memang menginginkan warna yang benar-benar super putih. Kalau dilihat dari daya tutupnya, memang masih dibawah Vinilex bahkan Catylac. Tapi dari segi putihnya, saya pribadi mengakuinya, putihnya memang luar biasa :)

Sebenarnya dipasaran kelas menengah sangat banyak sekali brand-brand yang bertebaran, ada juga Envitex, produk ini dilihat dari segi harga sebenarnya berani masuk di kelas menengah, namun pengalaman saya pribadi memakai cat ini, masih ragu menempatkan cat ini pada kelas menengah, karena kualitasnya menurut saya masih cukup jauh dibawah Vinilex dan Catylac. Pengalaman memakai cat ini, daya sebarnya terbilang cukup, daya tutupnya cenderung dibawah rata-rata sedikit. Bahkan 3x lapis kebanyakan masih berbayang.

3. Cat Kelas Bawah
Kelas ini banyak sekali berjubel dengan brand-brand yang banyak dikenal maupun tidak dikenal sekalipun. tidak banyak yang bisa saya tulis disini, karena tidak banyak yang pernah saya pakai dan tidak cukup pengalaman memakai cat pada kelas ini, mungkin hanya 1 atau dua merk saja. Pada kelas ini brand-brand penghuninya antara lain Komilex, Q-luc, Mawar, Aga, Cendana dll.

Masukkan alamat email anda untuk menjadi anggota forum ini