SEARCH

TRIK MEMEILIH CAT TEMBOK PART 3


1. Kelas Premium
Segment kelas menengah keatas untuk cat Tembok Premium memang tidak banyak ragamnya dibanding kelas bawah, selain harganya yang cukup mahal dengan menjamin kualitas yang yahud, juga sasaran konsumennya tentu saja yang memang peduli dengan berbagai faktor seperti aspek seni, kenyamanan, kesehatan dll. Karena Cat Tembok Premium biasanya pula memiliki beberapa fitur penting yang disertakan seperti, bebas mercury, anti jamur dan lumut, anti cipratan, juga green label atau ramah lingkungan dll. Cat Kelas ini sebagian besar dijual dalam kemasan Liter atau volume, berbeda dengan kelas menengah atau kelas value bawah yang cenderung menggunakan Kilogram dalam penjualannya.

Contoh brand atau merk cat Interior pada kelas ini antara Lain:
Dulux Pentalite
Cat produksi dari ICI ini mempunyai hasil akhir Matt atau dof, pengalaman pribadi memakai cat ini, sangat baik, daya sebar yang tinggi dan daya tutup yang baik pula.

Dulux Pearl Glo
Masih sama dengan Pentalite, yaitu produk dari ICI. Cat ini lebih mahal daripada Dulux Pentalite, dengan daya sebar yang relatif sama, daya tutup yang baik, dah hasil akhir semi gloss, menjadikan dinding anda yang memang benar-benar rata dan halus akan tampak lebih elegant. Tips: kalau tidak terpaksa dan dinding anda tidak rata atau halus, jangan memakai cat yang memiliki hasil akhir semi gloss, karena ke-tidak rataan dinding anda akan semakin terlihat.

Nippon Spotless
Cat produksi Nippon paint ini sangat bagus, fitur anti noda dan mudah dicuci menjadi andalannya, daya sebar dan daya tutup yang sangat baik serta ramah lingkungan. Hasil akhir cat ini adalah satin, atau dibawah semi gloss sedikit.

Nippon Matex Gold
Cat premium dengan hasil akhir dof atau matt, harga sangat bersaing, dengan hasil akhir saat kering bila disentuh sangat lembut dan halus, daya hiding atau daya tutup dan sebar yang sangat baik, tingkat kekentalan yang cukup tinggi.

Jotun Majestic Royale Matt
Sudah bisa ditebak dari namanya, produk dari jotun ini memiliki hasil akhir dof atau matt, daya tutup sangat baik, tingkat kekentalan sedang, dan daya sebar yang sedikit lebih rendah dibanding produk milik nippon paint. dan dari segi harga, type atau merk ini yang paling murah dibanding cat premium milik Jotun.

Jotun Majestic Pearl Silk
Hasil akhir satin dan mudah dicuci, menjadikan tembok anda terlihat elegant, daya tutup tinggi dan daya sebar cukup tinggi pula.

Jotun Majestic Optima
Cat milik jotun ini memiliki harga yang paling mahal diantara Majestic Pearl Silk dan Royale Matt. hasil akhir yang semi gloss atau semi kilap dan mudah dicuci dan tahan noda menjadi pilihan yang tepat dan bagus.

Selain beberapa brand yang saya sebutkan diatas, sebenarnya masih ada beberapa brand yang cukup bagus, meskipun saya pribadi belum sempat untuk mencobanya, seperti produk dari propan dengan Decorsafe dan Decorlotus yang tahan noda, produk dari Mowilex dll.

Contoh Brand untuk Cat Eksterior untuk kelas Premium antara lain:
Mowilex WeatherCoat
Hampir semua cat eksterior untuk kelas premium memiliki hasil akhir satin hingga semi gloss. tahan cuaca ekstrim, cat dari mowilex ini memiliki daya sebar yang tinggi dan daya tutup yang sangat baik.

Nippon WeatherBond
Cat Nippon ini sangat baik, dari segi daya tutup maupun daya sebarnya, karena kekentalan dari produk ini juga tinggi, sehingga saat melakukan pengenceran bisa lebih tinggi dan akan mendapatkan daya sebar yang baik. Perlindungan terhadap cuaca yang baik dan warna yang tidak cepat pudar. dan Setelah kering, cat milik nippon paint ini cukup halus saat diraba.

Jotun Jotashield dan Jotashield Extreme.
Kedua cat eksterior milik jotun ini juga sangat bagus, ketebalan film hasil akhir yang cukup tipis, daya tutup sangat baik dan daya sebar yang cukup baik pula, meskipun daya sebarnya masih kalah sedikit dibanding milik nippon paint dan Dulux Weathershield. Khusus yang memiliki embel-embel extreme, ketahanannya lebih baik daripada tanpa embel-embel extreme, dan tentu harga lebih mahal :), untuk yang memakai embel-embel extreme, setara dengan milik Dulux Weathershield max

Dulux Weathershield Pro dan Weathershield Max
Produk keluaran dari ICI Dulux memang tidak diragukan lagi, dari ketiga merk atau brand sebelumnya, milik dulux adalah yang paling mahal harganya. Dan produk dari Dulux ini cukup terkenal pula. dengan daya sebar dan tutup yang tinggi membuat cat ini sangat diperhitungkan. Ketahanan terhadap cuaca yang ekstrem juga sangat baik khususnya yang memiliki embel-embel Max.

Dari ke-empat produk diatas, pengalaman saya, untuk ketahanan rata-rata pada cuaca ekstrem seperti di indonesia, Nippon weatherbond dan mowilex Weathercoat sudah sangat memadai, harga yang wajar dan daya sebar yang sangat baik, juga kualitas yang tidak diragukan lagi, bahkan mampu hingga 5thn. Bila ingin ketahanan lebih dari 7-8thn, harga yang lebih mahal,kualitas yang baik pula? Jotun Jotashield Extreme dan Dulux Weathershield Max perlu diperhitungkan. Nippon paint sebenarnya memiliki produk yang sebanding dengan Dulux Weathershield Max dan Jotun Jotashield Extreme ini, yaitu Super Nippon Weatherbond, tetapi hingga saat ini masih belum menemui dipasaran surabaya dan sekitarnya.

Masukkan alamat email anda untuk menjadi anggota forum ini